Perbandingan Biaya Perawatan Mobil Matic dengan Manual

Sebagai orang yang memerlukan mobil sebagai moda transportasi, Anda tentu menginginkan mobil Anda selalu dalam performa terbaik sehingga nyaman untuk digunakan. Perawatan berkala tentu diperlukan untuk menjaga performa mobil Anda, baik mobil matic atau manual. Untuk soal biaya perawatan, banyak orang yang beranggapan bahwa biaya perawatan mobil matic lebih mahal daripada mobil manual. Tetapi pada dasarnya, baik mobil bertransmisi manual dengan matic sama – sama memerlukan perawatan dengan anggaran biaya yang cukup besar. Beberapa hal berikut merupakan perbandingan perawatan mobil manual dengan matic diantaranya :

Perbandingan Biaya Perawatan Mobil Manual dan Matic

Biaya untuk mengganti oli

Salah satu hal yang penting dalam perawatan mobil adalah mengganti olinya secara berkala. Biaya perawatan mobil matic untuk mengganti oli transmisi adalah sekitar 1 – 2 juta tergantung berapa banyak liter banyak oli yang diperlukan. Dalam penggantian oli, ada 2 istilah yaitu kuras oli dan ganti oli. Untuk kuras oli, volume oli lama yang dibuang cukup banyak, mencapai 10 – 12 liter, sehingga volume oli baru yang digunakan untuk mengganti jumlahnya juga besar. Sementara pada proses ganti oli, volume oli lama yang dibuang hanya sekitar 3 – 4 liter, sehingga biaya yang diperlukan untuk ganti oli tidak sebesar bila kuras oli.

Harga oli matic sendiri lebih mahal bila dibanding oli manual. Sehingga banyak yang beranggapan bahwa biaya perawatan mobil matic lebih mahal dibandingkan dengan mobil manual. Padahal, interval penggantian oli transmisi pada mobil manual dua kali lebih cepat dibanding mobil matic. Jadi misalnya oli transmisi pada mobil manual perlu diganti per 40 ribu kilometer, sedangkan oli transmisi pada mobil matic perlu diganti per 80 ribu kilometer. Hal ini berarti, meski biaya penggantian oli pada mobil manual lebih murah, Anda perlu mengganti olinya dua kali lebih sering bila dibandingkan dengan penggantian oli pada mobil matic.

Penggantian kanvas rem

Terkait biaya untuk penggantian kanvas rem antara mobil manual dan matic mungkin tidak jauh berbeda. Perbedaan yang terlihat hanya pada frekuensi penggantian kanvas rem-nya saja. Di mana pada mobil matic kanvas remnya cenderung lebih cepat aus dan memerlukan penggantian. Tetapi hal ini juga tergantung pada pemakaian mobilnya. Selebihnya, perawatan mobil baik untuk mobil matic atau manual kurang lebih sama sehingga biaya perawatan mobil matic pun kurang lebih sama dengan mobil manual.

Yang harus dilakukan agar mobil tetap terawat

Untuk menjaga performa mobil agar tetap baik dan nyaman saat digunakan, Anda perlu melakukan perawatan berkala. Untuk perawatannya pun terbilang mudah. Anda hanya perlu memperhatikan volume oli dan teratur dalam mengganti oli matic. Bila berdasar pada rekomendasi pabrik, oli sebaiknya diganti bila mencapai 100 ribu kilometer. Tetapi tidak ada salahnya apabila Anda menggantinya sebelum batas tersebut, apalagi bila kerja transmisi matic cukup keras seperti sering digunakan pada saat kondisi kemacetan.

Cukup dilakukan penggantian oli dengan volume sekitar 3 liter saja untuk perawatan berkala. Sementara untuk proses kuras oli, biasanya perlu dilakukan apabila sudah mendekati jarak tempuh 100 ribu kilometer. Prinsipnya adalah penggantian oli secara teratur akan lebih baik dan dapat menjaga performa mobil Anda sehingga masa pemakaiannya pun dapat semakin lama.

Jadi, biaya perawatan mobil matic dan mobil manual kurang lebih sama, hanya tergantung dari pemakaian dan cara perawatan terhadap mobilnya saja.

Incoming search terms:

  • biaya perawatan mobil matic

Tags: