Tips Memilih Website Jual Beli Mobil Terpercaya

Keuntungan Beli Mobil Secara Online

Lebaran semakin dekat, kebanyakan orang pasti menginginkan mobil baru. Alasannya simple agar mudik semakin kenyaman. Bahkan mobil saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok dan pelengkap keluarga. Terlebih lagi, sudah banyak showroom atau dealer yang menawarkan pembelian secara kredit.

Saat ini jual beli mobil bisa dilakukan dengan mudah, kapanpun dan dari manapun. Bahkan hanya dirumah saja, kegiatan ini bisa dilakukan. Pasalnya sudah banyak sekali website jual beli mobil yang menawarkan kemudahan ini. Bahkan pembelian mobil secara online pun juga bisa dilakukan dengan kredit. Dengan begitu, pembelian secara online bisa menjadi pilihan alternatif yang menguntungkan. Bahkan ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan.

Keuntungan beli mobil dengan online

1. Bisa menyesuaikan dengan budget

Website jual beli mobil pastinya menampilkan semau jenis merk mobil dengan harganya sekalian. Hal inilah yang membuat calon pembeli bisa mendapatkan mobil terbaik mereka sesuai dengan budget yang dimiliki. Tentu saja, hal ini berbeda dengan pembelian secara offline, di mana harga bisa saja berubah dan tidak pasti. Namun dengan online, harga sudah pasti dan Anda tinggal memilih – milah mana mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

2. Tidak perlu keliling mencari dealer

Pada mesin pencarian sudah banyak website jual beli mobil yang ditampilkan. Anda tinggal membukanya satu per satu. Hal ini berbeda dengan pembelian secara langsung. Di mana Anda harus menghabiskan tenaga, waktu dan biaya hanya untuk mencari dealer yang benar – benar sesuai dengan kebutuhan. Namun jika online, Anda cukup duduk di rumah, buka smartphone atau laptop kemudian mencari mobil impian sesuai dengan budget Anda. Bahkan di sela – sela waktu kerja juga patut dilakukan.

3. Adanya fitur hot deals yang menguntungkan

Ada beberapa website jual beli mobil yang menampilkan fitur hot deals. Di mana fitur ini merupakan fitur iklan yang sudah disortir dan di review oleh para redaksi. Itu artinya, jika sudah ada review dari mereka, pastinya mereka sudah menjajal sendiri atau test drive pada situs tersebut. Memilih membeli mobil dari fitur yang satu ini dirasa cukup aman dan tenang.

4. Relatif aman

Pembelian mobil pada website jual beli mobil bisa dikatakan sangat aman. Pasalnya beberapa situs memiliki ketentuan yang wajib untuk memasang iklan agar bisa menerima pembayaran dari situs tersebut. Dengan begitu, ini berarti terdapat pihak ketiga di antara pembeli dan penjual. Sehingga uang akan lebih aman. Terlebih lagi, mobil bukan termasuk berang yang murah.

5. Banyaknya promo pada pembelian mobil baru

Pasti semua orang suka dengan yang namanya promo, alias membeli barang dengan harga yang hemat. Kebanyakan pembelian mobil baru lewat website jual beli mobil akan ditawari promo atau harga sepesial. Dengan begitu artinya Anda bisa mendapatkan mobil berkualitas tinggi namun dengan harga yang relatif terjangkau. Untuk bisa mendapatkan website yang satu ini, tidak ada salahnya mencari website yang bekerja sama dengan produsen mobil tersebut. Menemukannya akan menjadi nilai plus sendiri untuk Anda.

Tips membeli online

Sebelum benar – benar memutuskan membeli mobil baru melalui website jual beli mobil ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Berikut ini tips dalam membeli mobil baru lewat online agar aman dan terhindar dari penipuan.

1. Lakukan riset terlelbih dahulu

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum memutuskan membeli mobil di website jual beli mobil adalah melakukan riset. Riset yang dilakukan adalah tentang spesifikasi mobil yang ingin Anda beli. Mulai dari tahun pembuatan, mesin yang digunakan, kondisi mobil, merk mobil dan performa yang diberikan. Anda bisa melakukan riset dengan mudah hanya mengetikkan keyword seperti merk mobil pada halaman mesin pencarian. Hal ini dilakukan untuk menyakinkan Anda apakah keputusan membeli mobil secara online merupakan hal yang tepat.

2. Gali informasi penjual mobil tersebut

Langkah selanjutnya adalah dengan mengetahui penjual dari website jual beli mobil tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar lebih aman dan yakin. Penting untuk memastikan bahwa website yang Anda pilih nantinya memiliki data informasi penjual yang lengkap. Mulai dari alamat, kontak dan reputasi. Pilih salah satu website dengan reputasi yang baik dan juga memiliki testimoni positif.

3. Bandingkan dengan penjual lainnya

Dengan adanya internet, tentu akan sangat membantu Anda dalam mencari informasi sebanyak – banyaknya. Inilah yang bisa Anda lakukan yakni membandingkan penjual satu dengan lainnya. Buka saja beberapa website jual beli mobil. Hal ini dilakukan agar Anda bisa menemukan mobil yang benar – benar pas dan sesuai dengan budget yang Anda miliki.

4. Datangi tempatnya secara langsung

Pastinya setiap website jual beli mobil tepercaya mencantumkan alamat showroom mereka. Maka hal yang harus Anda lakukan adalah dengan mendatangi langsung tempat tersebut, jika memungkinkan. Pasalnya, dengan mendatangi langsung showroom tersebut, Anda akan bisa melihat langsung mobil tersebut, terlebih lagi yang berhubungan dengan performa mobil. Selain itu, hal ini juga akan semakin menambahkan kepercayaan Anda, apakah mobil tersebut tepat untuk Anda atau tidak.

5. Lakukan test drive

Walaupun membeli mobil melalui website jual beli mobil, namun tidak ada salahnya untuk melakukan test drive sesekali. Hal ini sangat penting dilakukan untuk melihat performa dari mesin mobil tersebut. Apakah baik dalam berbagai kondisi jalanan? Atau Anda benar – benar merasa nyaman menggunakannya. Jangan sampai Anda terburu – buru membelinya, hanya karena tampilan luarnya saja. Apabila kurang pas tidak membelinya terlebih dahulu mungkin pilihan tepat.

6. Lakukan negosiasi

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua harga yang tercantum pada website jual beli mobil tersebut merupakan harga yang pasti dari mobil. Oleh karena itu, beberapa situs memang menawarkan pembeli untuk bisa melakukan negosiasi harga. Apabila mobil yang Anda idamkan bisa ditawarkan. Lakukan penawaran sesuai budget Anda dan menguntungkan kedua belah pihak.

Namun yang perlu diingat negosiasi harga mobil, tidak seperti negosiasi pada umumnya. Walaupun bisa turun sekalipun tidak terlalu banyak. Misalkan saja harga satu mobil adalah 150 juta mungkin bisa turun paling rendah 145 juta. Walaupun tidak terlalu jauh namun masih sangat menguntungkan untuk Anda.

7. Gunakan jasa pihak ketiga

Meminta sahabat atau kerabat untuk melakukan pengecekan bisa dilakukan. Namun yang paling penting, mereka mengerti akan otomotif agar bisa lebih teliti. Pihak ketiga melakukan pengecekan sebelum Anda membeli di website jual beli mobil dilakukan jika Anda benar – benar tidak memiliki waktu mengunjungi showroom tersebut.

Selain itu, tidak ada salahnya menyewa jasa mekanik dalam melakukan pengecekan. Namun Anda tentunya harus mengeluarkan biaya. Namun tidak perlu khawatir, jasa mekanik pastinya akan sangat teliti dalam urusan ini.

Tags: